BENEFITS of ODOP



One Day One Post adalah suatu gerakan menulis setiap hari yg di gagas oleh bang syaiha. Siapa saja boleh mengikutinya, tentu saja dengan syarat berkomitmen dengan aturan aturan yang ada.

Ditulisan sebelumnya, saya sudah menceritakan alasan saya masuk ODOP ( Lihat:aksarashofi.blogspot.co.id/2016/02/setiap-hari-untuk-abadi.html?m=1) . Maka kali ini saya akan menuliskan beberapa fakta tentang ODOP , terutama berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan jika bergabung di dalamnya.


1. Belajar menulis GRATIS
Jaman sekarang, belajar menulis adalah hal yang mudah.Asal ada kemauan, sudah banyak link-link atau komunitas yang mengunakan media sebagai sarana pembelajaran.Salah satu contoh nya ODOP.  Di ODOP, kita memiliki sistem belajar setiap hari, dengan tentor yang banyak ( semuanya bisa memberi kritik dan saran terhadap tulisan kita )dan itu semua gratis!

2. Sarana silaturahmi
Di ODOP, ada banyak orang-orang baru yang kita kenal. Mulai dari ibu-ibu, remaja, bapak-bapak,  semuanya berinteraksi dengan latar belakang dan daerah yang berbeda-beda . Disinilah tempat kita berkenalan dan bersilaturahmi antar anggota via whatsapp. Menarik bukan?  Kita dapat bertukar pikiran tentang hobi dan passion yg sama.


3. Kita punya LADANG sendiri
Di ODOP, kita diwajibkan mempunyai blog.Entah itu blogspot ataupun WordPress yang dengannya, kita bebas menuangkan ide-ide kita dalam bentuk tulisan dan mengkreasikan bentuk blog agar menarik. Lain dengan yang biasanya menyuruh anggotanya menuangkan ide di satu tempat , ODOP membuat anggotanya mampu membuka dan mengelola LADANG nya sendiri.tentu saja dengan beberapa kiat-kiat jitu agar blog tetap exist.

4. Metode ringan yang jitu
Menulis setiap hari mungkin bisa dilakukan oleh semua orang. Tapi sedikit sekali yang benar-benar melakukannya hingga akhir. Padahal,agar kita menjadi ahli ( dalam menulis ), kita harus terus mengasah tulisan agar lebih baik lagi yaitu dengan cara melakukannya setiap hari. Dengan begitu, semakin sering kita menulis, semakin banyak kita mengetahui letak kesalahannya, semakin bisa pula kita mengubahnya menjadi tulisan yang menggugah hati pembacanya.

5. Supporter
Layaknya pemain bola, posisi supporter amatlah penting bagi kemenangan sebuah tim. Seperti itu pula dalam hal Menulis, untuk apa kita menulis kalau tidak dibaca? Di ODOP, supporter ini menjelma dalam bentuk komentar-komentar para anggota. Setiap anggota dapat melihat blog anggota lain nya, dan mengomentari nya sehingga semangat menulis masing-masing anggota akan tetap ada.

6. Ketika mulut tak bisa bercerita..
Kita sering menemukan orang-orang yang depresi dalam hidupnya karena tidak bisa mengungkapkan isi hatinya pada orang lain, atau adakalanya teman-teman tak ada sehingga kita tidak bisa bercerita. Menulis adalah cara jitu untuk mengungkapkannya. Menulis adalah teman curhat yg tidak pernah protes dan selalu ada. Dalam sebuah penelitian di katakan bahwa,orang yg sering menulis cenderung memiliki emosi yg stabil. Kenapa?  Karena dengan menulis ungkapan dan luapan emosi akan tersalurkan dengan baik  lewat tulisan.

7. Tantangan, bukan hadiah
Apa yg membuat orang-orang bergerak untuk meraih sesuatu?dikatakan dalam sebuah buku (saya lupa judulnya) bahwa di dalam diri manusia ada 2 sebab yg menyebabkan manusia bergerak untuk meraih tujuannya. Yang pertama hadiah . Hadiah ini dapat berupa imbalan atau sesuatu yang akan didapat 'jika' melakukan sesuatu. Sebab yg pertama ini tidak begitu berpengaruh dibandingkan dengan sebab kedua, yaitu Tantangan(desakan). Kenapa dengan tantangan? coba dibayangkan , seseorang hendak berjalan melewati tali yg menghubungkan antara dua gedung, digedung sebrang sudah terdapat 2 buah koper berisi emas. Apa kah dia akan melewati tali itu?  Belum tentu.Tetapi akan berbeda jika seekor harimau diletakkan Di tempat ia berdiri, mau tidak mau, bisa tidak bisa, dia akan berusaha melewati tali itu untuk sampai ke gedung sebrang. Nah, analogi ini lah yg diterapkan pd sistem ODOP. Kita diberi tantangan-tantangan yg harus dilewati guna mencapai tujuan yg diinginkan.

Sekian, salam ODOP: )

Komentar

  1. Wao..., manfaatnya besar sekali ya mba Shofi..
    keren deh tulisannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya alhamdulillah msk ODOP..
      Mba inet lebih keren (y)

      Hapus
  2. Benerr.. ini yang cocok disebut friend benefits ya mba Shofi.. :)

    BalasHapus
  3. Nah loh.. harimaunya...hehehe peace mbak shofi..

    BalasHapus
  4. "Menulis adalah teman curhat yg tidak pernah protes dan selalu ada," setuju banget sama ini. :D

    Analogi tentang harimaunya keren, Mbak. ^_^

    BalasHapus
  5. Stuju banget,,,, tantangan mengantarkan pada tujuan

    BalasHapus
  6. Stuju banget,,,, tantangan mengantarkan pada tujuan

    BalasHapus
  7. Mantap tulisannya kaa, tapi banyak kata yang di singkat ya hehehe just opinion

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mbaa terimakasih sarannya, kebiasaan nulis di hp.. jadi kyk nulis sms serba singkat. Hhe. nanti di edit lagii

      Hapus
  8. Mengabadikan peristiwa melalui tulisan ya mbak :)
    Izin follow blog cantiknya ya mbak ^^
    Salam ODOP

    BalasHapus
  9. Lanjutkan mbk menulis untuk keabadian

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

How to make it Better ?

Usaha (tidak) sama dengan Hasil

Bagaimana tentang Impian?