Kartu Tanda Penduduk




Kartu Tanda Penduduk. Seharusnya aku sudah punya,usiaku sudah lewat 17 tahun dari 2 tahun yang lalu.Tapi, beginilah sulitnya anak rantau. Aku harus menunggu pulang dulu karena Kartu Keluarga ku yang masih beralamat kampung halaman : Riau.
Bagi beberapa orang mengurus KTP sama susahnya seperti mengurus pernikahan. Minta surat RT,Ke kelurahan, kecamatan, dan hal-hal lain menyangkut administrasi. Ini adalah tipe orang luar. Tipe- tipe yang biasanya lama sekali mengurus KTP. Bukan karena ingin melama-lamakan, tapi prosedur resmi yang sengaja dilibetkan. Memang tidak ada pungutan, sehingga tidak di prioritaskan oleh yang berwajib.
Tipe yang kedua  adalah tipe orang dalam.Dalam sehari, tipe ini bisa menyelesaikan urusannya. Menyuruh orang dalam untuk mengurus. Keesokan hari, KTP sudah bisa diambil dengan syarat membayarnya.
Tipe ketiga adalah orang yang beruntung.Naah, tipe ini yang kayaknya paling enak, Memang mirip-mirip sama tipe luar,tapi karena keberuntungannya: surat-surat lengkap dan hari itu pegawai negeri lagi rajin. Setelah serahin surat, foto, tandatangan. Jadi deh..ga lama dan ga mungut biaya.
Yang keempat, tipe anak rantau. Liburan ini minta surat RT, liburan depan serahin surat kelengkapan dan foto, liburan depannya lagi baru ambil KTP. Nyicil-nyicil sampe kena denda karena lebih 2 tahun huehehe

Ini bukan ceritaku ~ mana ceritamu?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

How to make it Better ?

Usaha (tidak) sama dengan Hasil

Bagaimana tentang Impian?