Out of the comfort zone





Takut ditolak, takut tidak diterima,takut ini , takut itu . ada semacam kekhawatiran ketika kita mencoba sesuatu yang baru. takut gagal  atu resiko yang menghampirinya. adalah hal lumrah ketika kita melakukan sesuatu baru dibarengi dengan kekhawatiran, artinya memang kita akan keluar dari "zona aman" sehingga akan banyak resiko-resiko yang mengikuti. Permasalahannya adalah, bagaimana kita mengatasi rasa takut itu dan berani mencoba.

Zona Aman adalah zona dimana kamu merasa nyaman dan tanpa ketakutan yang berarti. Zona Aman memang menjadikan kita merasa aman untuk tetap berada di dalamnya. Padahal, Zona aman adalah zona paling berbahaya yang dapat membuatmu menjadi orang biasa seumur hidup. Loh, Kenapa? berada di zona aman akan membuatmu tidak terlatih untuk menerima tantangan, menghadapi resiko, dan pengalaman baru yang notabene akan meningkatkan kapasitas diri.

Ada banyak alasan yang akan menghambatmu untuk keluar dari zona aman.Berikut beberapa alasannya:
1. Aku udah CUKUP
Alasan yang memang sering menghambatmu untuk maju adalah menCUKUPkan kemampuan diri sendiri. Merasa cukup dengan apa yang ada dalam hal kemampuan memang tidak disalahkan, tapi justru inilah yang akan mematikan kemampuan-kemampuan lain yang sebenarnya ada di dalam diri kamu.
2. Nanti kalau GAGAL...
Takut GAGAL. Kita sibuk mengira-ngira kegagalan yang akan terjadi sebelum keluar dari zona aman itu sendiri.Padahal kita belum tahu pasti yang akan terjadi sebelum mencoba bukan?.
3. Aku GA BISA dan BELUM SIAP
Nah, boro-boro untuk mencobanya, kamu sudah menjudge diri sendiri tidak bisa melakukannya. Kan kasihan diri kamu..kalau ditanya kesiapan. mau menunggu sampai kapan? mungkin sampai negara api menyerang? #eh. Kesiapan adalah hal yang harus dimulai dengan keberanian, Tidak ada istilah belum siap, yang ada hanyalah belum mau.

3 Alasan diatas adalah alasan umum yang paling sering ditemui dan hanya bisa di kalahkan jika kita mencoba keluar dari zona aman. Eits, tapi bukan berarti kita mencoba sesuatu tanpa berfikir baik buruknya ya. Jangan malah mencoba untuk menulis sambil menyetir, karena sama saja itu mendatangkan bahaya. Dalam hal ini, berarti kita harus mencoba hal-hal positif yang mempu meningkatkan kapasitas kita.

Beberapa hal yang bisa kamu coba setiap harinya, dapat berupa tantangan atau hal diluar kebiasaan seperti :
1. Membaca minimal 1 buku atau artikel
kadangkala kita jenuh dengan kegiatan-kegiatan yang menggunakan otak dan tenaga. Membaca merupakan salah satu suplemen otak yang perlu kita perhatikan. Selain mendapatkan informasi baru, membaca juga akan memperkaya kosakata kita.
Jika kamu sudah menjadi seorang ibu atau ayah, kamu juga bisa membacakan dongeng sebelum tidur kepada anak-anak.

2.Kunjungi Tempat Baru
Mengunjungi warung atau tempat yang belum pernah kita datangi adalah hal yang dapat melatih kita untuk beradaptasi dengan cepat. Hal ini karena lingkungan yang akan berbeda dari biasanya. Memilih rute berbeda juga dapat menghilangkan kebosanan.

3. Pendekatan kerja yang berbeda
Cobalah untuk berfikir dari sudut pandang yang berbeda. Out of the box. Melakukan pekerjaan akan lebih menyenangkan dengan adanya hal-hal baru yang tidak pernah terpikirkan.

4.Bertanya
Seringkali kita mengacuhkan pertanyaan-pertanyaan yang muncul didalam diri. Keluarkanlah.. siapa tahu kamu menemukan jawaban dari orang yang tidak disangka-sangka atau siapa tahu jawabannya akan membuka mata lebih banyak orang.

5. Matikan HP
Zaman teknologi memang sering menuntut kita untuk sibuk memainkan HP. Cobalah sekali-kali untuk mematikan HP, melakukan aktivitas tanpa takut dihubungi atau ketinggalan informasi. Kita akan lebih fokus dan lebih punya banyak waktu untuk melakukan aktivitas interaksi langsung.

6. Tulis Keberhasilanmu
Tuliskan Keberhasilanmu hari itu, hal ini akan lebih memacu mu untuk melakukan lebih banyak hal menarik keesokan harinya.

Masih banyak lagi hal-hal yang bisa kamu lakukan. Yang terpenting, tetaplah positif dan berani untuk mencoba hal-hal "out of the box" :)

"Jangan takut untuk berbeda, takutlah menjadi sama..."

Selamat menjalani hari dengan hal-hal baru yang luar biasa :)





Komentar

  1. Wieh menginspirasi banget untuk berubah dan keluar dari zona aman :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

How to make it Better ?

Usaha (tidak) sama dengan Hasil

Bagaimana tentang Impian?